Berita

Penyelenggaraan PTSP pada Ruang Publik diminati Warga Ibukota

Kamis, 12 September 2019

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada warga Ibukota dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan, salah satunya adalah penyelenggaraan PTSP pada Ruang Publik. “kemudahan dan pendekatan layanan merupakan semangat kami dalam Melayani Jakarta” ujar Benni Aguscandra, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Jumat (6/9/2019). Benni menambahkan sejatinya tujuan dari reformasi administrasi dan reformasi birokrasi adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik merupakan bukti nyata reformasi birokrasi dan reformasi administrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menghadirkan pelayanan publik yang prima di pusat-pusat kegiatan masyarakat. "Ikhtiar ini merupakan bagaimana kami hadir di pusat-pusat kegiatan masyarakat. Kami hadir dengan informasi dan pelayanan sebagai bagian dari menjawab tantangan zaman” ujar Benni. 

Flona 2019

Sehubungan dengan pelaksanaan Pameran Flora dan Fauna (FLONA) Jakarta 2019, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi mensukseskan kegiatan tersebut melalui penyelenggaraan PTSP pada ruang publik. Pameran FLONA 2019 berlangsung selama satu bulan penuh mulai tanggal 6 September sampai dengan 7 Oktober 2019 bertempat di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dengan tema “Ruang Hijau Jakartaku”. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melesetarikan lingkungan, sekaligus menjadi wahana pembelajaran tentang keanekaragaman flora dan fauna yang dimiliki Indonesia.

“Kita hidup di wilayah urban dan konsekuensi tinggal di wilayah urban adalah tidak semua memiliki kedekatan untuk berada bersama dengan berbagai flora dan fauna. Banyak dari keluarga kita memiliki pengalaman yang minim terkait dengan flora dan fauna apalagi jika kita tinggal di kawasan yang padat, kawasan yang ruang hijaunya terbatas. Disitu kesempatan untuk melihat dari dekat kekayaan hayati yang ada menjadi sangat minim. Karena itu melalui kegiatan ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat menikmati dan mempelajari kekayaan flora dan fauna,” ujar Anies, Jumat, (7/9/2019).

Selain dapat melihat aneka ragam flora dan fauna, pengunjung dapat berkonsultasi atau mengurus perizinan dan non perizinan di booth pelayanan DPMPTSP atau mendatangi layanan Mobile Service Unit (MSU) yang tersedia di area Taman Lapangan Banteng.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh kegiatan pameran FLONA 2019. Adapun bentuk dukungan kami dalam mensukseskan kegiatan ini adalah dengan membuka booth pelayanan dan menghadirkan Mobile Service Unit (MSU) yang terparkir di dalam area Taman Lapangan Banteng. Dengan demikian pelaku usaha maupun pengunjung dapat dengan mudah berkonsultasi mengenai perizinan dan non perizinan dengan petugas kami. Bahkan, bagi pemohon yang telah membawa persyaratan lengkap, izin usaha dapat segera diproses langsung saat itu juga,” jelas Benni.

Selain menyediakan jasa konsultasi gratis dan pengurusan perizinan/ non perizinan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga menebarkan keceriaan lewat kehadiran maskot DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Bang SOleh dan Mpok LUSI. Setelah melakukan konsultasi atau mengurus izin, pengunjung akan diajak bermain atau berfoto bersama, dan tidak lupa Bang SOleh dan Mpok LUSI akan selalu memberikan souvenir menarik bagi pengunjung.

“Bang SOleh dan Mpok LUSI merupakan cerminan pelayanan DPMPTSP dengan Solusi, Empati, Tegas, Inovasi dan Andal (SETIA). Kehadiran keduanya membawa warna tersendiri sehingga membuat pengunjung tertarik untuk datang ke booth dan mencari informasi mengenai pelayanan apa saja yang dihadirkan oleh DPMPTSP, misalnya yang terkait dengan Flona 2019 adalah Rekomendasi Izin Pemasukan Hewan. Kedepannya, kami berharap masyarakat tidak ragu lagi untuk berhadapan dengan dunia birokrasi dan mengurus kewajiban perizinannya secara mandiri, karena urus izin sendiri itu Mudah” tutur Benni.

Dukung Pertumbuhan UMKM pada Pekan Raya Koperasi 2019

Sementara itu DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta terus menunjukkan kinerja nyata dalam mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jakarta melalui Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) sesuai amanat Peraturan Gubernur Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kemudahan dan pendekatan layanan pengurusan izin bagi para pelaku UMKM di Ibukota, Seperti yang dilakukan dalam kegiatan Pekan Raya Koperasi 2019 pada Jumat sampai dengan Minggu (6 s.d 8 September 2019) di Internasional Velodrome, Rawamangun.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKMP) Provinsi DKI Jakarta Adi Ariantara mengatakan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta berperan penting dalam menumbuhkan jumlah wirausaha di Jakarta.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta memiliki peran penting dalam membangun iklim usaha serta mendorong pertumbuhan UKM. Salah satunya dengan memberikan jaminan kepastian hukum kepada para pedagang mikro dan kecil melalui kemudahan pengurusan IUMK,” ujar Adi saat meninjau booth PTSP di lokasi acara, Jumat, (7/9/2019).

Ditemui dalam kesempatan yang sama Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi mengungkapkan dihari pertama Pekan Raya Koperasi tercatat sebanyak 57 pengunjung mengunjungi booth DPMPTSP untuk mengurus izin maupun berkonsultasi seputar prosedur pengajuan izin dan non izin.

“Kami membuka layanan mulai pukul 09.00 sampai 21.00 Hingga saat ini mayoritas pengurusan izin adalah Surat Izin Usaha Perdagangan, Izin Usaha Mikro Kecil serta Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP PIRT),” ujar Rinaldi. Rinaldi menjelaskan, pengurusan izin akan cepat selesai jika seluruh persyaratan telah lengkap dan bahkan dapat diselesaikan dalam satu hari kerja atau one day service. “Jika ada berkas yang perlu direvisi kami segera menginformasikan dan memberikan panduan,” terangnya.

Seperti pada kegiatan komunikasi masyarakat terpadu lainnya, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta senantiasa menyuguhkan keceriaan lewat kehadiran Maskot Bang Soleh dan Mpok LUSI yang akan mengajak pengunjung untuk berfoto bersama dan membagikan hadiah menarik bagi pengunjung. “Kami menyediakan souvenir menarik bagi para pengunjung yang datang ke booth dan mengunggah keseruan bersama Bang SOleh dan Mpok LUSI ke media sosial dengan mention @layananjakarta,” pungkas Rinaldi.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan Pekan Raya Koperasi 2019 dieselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-72 dengan mengambil tema “Koperasi Berkualitas di Era Digital”. Menandai pembukaan acara, Kepala Dinas KUMKMP Provinsi DKI Jakarta menyerahkan Nomor Induk Koperasisecara simbolis kepada perwakilan koperasi baru dariseluruh wilayah DKI Jakarta.

Tentang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta merupakan Perangkat Daerah yang memiliki kedudukan sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di DKI Jakarta, memiliki 316 service point atau Unit Pelaksana yang tersebar pada Kantor Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten Administrasi dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta. Dalam perjalanannya, DPMPTSP Memiliki Inovasi layanan guna memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada Warga Ibukota, diantaranya : Pelayanan Perizinan Terpadu dan Terintegrasi Melalui Mal Pelayanan Publik Jakarta, Starting a Business Corner atau Gerai Memulai Usaha, Jakarta Investment Centre, Jakarta Virtual Consultant for Business (JVC for B), Permohonan Perizinan dan Non Perizinan dengan Pelayanan Online Jakarta Evolution (JakEvo), Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Mobil AJIB, Tanya PTSP 1500164, Antrian Online dan Lacak Berkas, Tanda Tangan Elektronik, Sistem Informasi Pengaduan Perizinan Terpadu (Si Pinter), One Day Service dan Fast Track, Jasa Arsitek Gratis untuk bangunan rumah tinggal dengan luasan dibawah 200 m2, IMB 3.0, PTSP Goes To Mall, Pelayanan Terpadu Keliling Kepulauan Seribu, Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota,dll.

Berbagai pencapaian dan penghargaan bergengsi berhasil diraih oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun dari Lembaga Swasta yang kredibel di Indonesia, diantaranya : Rekor Muri Instansi penerbit perizinan dan non perizinan terbanyak dalam 1 tahun; Predikat Kepatuhan Tinggi (Zona Hijau) dari Ombudsman Republik Indonesia; Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik dengan Kualifikasi "Sangat Inovatif" dari Lembaga Administrasi Negara (LAN); Realisasi Investasi PMDN tertinggi di Indonesia kategori lokasi proyek berdasarkan data BKPM; Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenko PMK RI; Investment Award dari BKPM; Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dengan nilai tertinggi (A) dari KemenPAN-RB; TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dari KemenPAN-RB; Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dari KemenPAN-RB, Public Service of the Year Jabodetabek dari Markplus Inc.; Indonesia Attractiveness Award dari Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group; Padma Award dari Kementerian Sosial Republik Indonesia; Sistem Manajamen Mutu Ruang Lingkup Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan pada Bidang Aktifitas Usaha SNI ISO 9001: 2015 dari Badan Sertifikasi ASR Internasional Indonesia (ASRICERT) terdaftar Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Internasional Accreditation Forum (IAF).

Kontak

Silakan menghubungi kami melalui info berikut:

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DKI JAKARTA

Jl. HR. RASUNA SAID Kav. C-22, Jakarta Selatan

Call Center 1500164 / (021)1500164 (non Telkomsel)
Kirim Email

Follow akun sosial Media Kami

© 2019 DPMPTSP Provinsi DKI JAKARTA