Gambar Berita
Tingkatkan Realisasi Investasi di Jakarta, Menteri Bahlil dan Pj Gubernur Heru Beri Apresiasi Pelaku Usaha
       

Tanggal : 10 Februari 2024

Jakarta – Dalam rangka peningkatan kinerja penanaman modal di Provinsi DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menginisiasi penyelenggaraan kegiatan Jakarta Investment Award (JIA) 2023. Kegiatan yang berlangsung pada 31 Oktober 2023 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat ini menjadi apresiasi pemberian penghargaan pertama kali yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada pelaku usaha, yang telah memberikan kontribusi positif dalam pembangunan perekonomian dan pencapaian realisasi investasi.

Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada para pelaku usaha, sehingga kedepan mereka dapat terus berinvestasi di Jakarta. “Pak menteri, sore hari ini beliau-beliau (para pelaku usaha) kita kumpulkan berada di hotel Borobudur, ini kali pertama, nanti mohon arahan pak Menteri, supaya tahun depan mereka mau tingkatkan investasi lagi di Jakarta,” ungkap Pj. Gubernur Heru di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

Pj. Gubernur Heru mengungkapkan, sebagai pusat kegiatan ekonomi nasional, Jakarta memberikan kontribusi 16,64 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Menurutnya, perpindahan Ibukota negara akan menjadi momentum bagi Pemprov DKI Jakarta untuk memfokuskan diri menjadi kota bisnis berskala global.

“Jakarta memberikan kontribusi 16,64 persen terhadap PDB Indonesia sehingga kami memiliki tantangan yang luar biasa sebenarnya terkait perpindahan IKN,” ungkap Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru menyebut Pemprov DKI Jakarta akan terus memberikan berbagai kemudahan kepada para pelaku usaha untuk berinvestasi di Jakarta guna mewujudkan Jakarta sebagai pusat bisnis berskala global. “DKI Jakarta bersama Kementerian Dalam Negeri sedang membahas dan sedang berproses di DPRD dan di DPR RI terkait dengan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta. Insya Allah, juga memberikan kemudahan-kemudahan untuk bapak ibu berinvestasi di Jakarta,” jelas Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru pun mengaku bersyukur terhadap capaian realisasi investasi Provinsi DKI Jakarta di Triwulan III Tahun 2023, yang berhasil menempati posisi teratas di Tingkat Nasional dengan perolehan mencapai Rp.50,9 Triliun.

Sementara itu, Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengaku sempat tak percaya Provinsi DKI Jakarta menjadi daerah dengan capaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia. “Jujur juga, DKI ini saya kaget Pak Heru, kok kenapa bisa menjadi yang pertama, saya waktu kemarin rilis, saya kaget, biasanya itu realisasi investasi Jawa Barat pasti lebih unggul daripada DKI, saya cek sama Deputi, Saya bilang coba dicek, setelah dicek memang ternyata realisasi investasi di DKI Jakarta itu sekarang jauh lebih besar ketimbang di Jawa Barat maupun Jawa Tengah,” ungkap Menteri Bahlil di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

Menteri Bahlil pun mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang telah berkontribusi terhadap investasi di Jakarta. Menteri Bahlil juga turut mengucapkan selamat kepada para pelaku usaha yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Selamat, saya ucapkan kepada Bapak Ibu semua, Pak Heru saya apresiasi DPMPTSP pertama ini di seluruh Republik Indonesia, jadi yang begini-begini baru pertama, DPMPTSP DKI Jakarta ini cocok juga KPI-nya dinaikkan kalau memang tunjangan tukinnya sudah mentok harus bikin tunjangan lain, sekali lagi saya ucapkan selamat, terima kasih" pungkas Menteri Bahlil. Apresiasi Pelaku Usaha

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan penyelenggaraan Jakarta Investment Award (JIA) 2023, diharapkan dapat memotivasi para pelaku usaha untuk dapat meningkatkan produktivitasnya serta menjaga kualitas hubungan antara Pemerintah dan pelaku usaha, sehingga akan berdampak pada penciptaan iklim investasi yang kondusif di Jakarta.

“penyelenggaraan JIA 2023 diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha dan menjadi motivasi pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitasnya yang kemudian akan berdampak terhadap peningkatan realisasi investasi di Jakarta,” jelas Benni.

Selain itu, Benni menyebut JIA 2023 juga menjadi wadah bagi Pemerintah untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah melaksanakan kewajiban dan menaati aturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atas kegiatan penanaman modal di DKI Jakarta. “Jakarta Investment Award ini penting, guna meningkatkan public awareness akan pentingnya kepatuhan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dalam upaya peningkatan Realisasi Investasi di Jakarta” ungkap Benni.

Benni menyebut, kontribusi pelaku usaha terhadap pemulihan kondisi ekonomi di DKI Jakarta telah terbukti cukup signifikan terutama pada aktivitas belanja modal dan peningkatan jumlah proyek sesuai dengan izin yang diterbitkan.

Artikel Lainnya

Gambar Berita 1
Kabar Gembira, PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di Pusat Perbelanjaan
Read more..
Gambar Berita 1
Kabar Gembira, PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di Pusat Perbelanjaan
Read more..
Gambar Berita 1
Kabar Gembira, PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di Pusat Perbelanjaan
Read more..
Gambar Berita 1
Kabar Gembira, PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di Pusat Perbelanjaan
Read more..
Gambar Berita 1
Kabar Gembira, PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di Pusat Perbelanjaan
Read more..
Gambar Berita 1
Kabar Gembira, PTSP Goes to Mall Kembali Hadir di Pusat Perbelanjaan
Read more..