VISI DAN MISI

VISI

“Solusi Investasi dan Perizinan di Jakarta”

Penjabaran lebih lanjut tentang Visi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi solusi bagi investor untuk berinvestasi di Jakarta dengan menciptakan iklim investasi dan berbisnis yang mudah, cepat, nyaman, transparan dan tidak berbelit belit.
  2. Menjadi solusi dalam memperoleh pelayanan perizinan dan non perizinan dengan kualitas pelayanan publik yang prima (services excellent).
  3. Menjadi solusi terhadap permasalahan perizinan dan non perizinan dengan kualitas pelayanan publik yang mengedepankan nilai-nilai SETIA. SETIA merupakan singkatan dari tata nilai (kredo) DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam Melayani Jakarta, yaitu Solusi, Empati, Tegas, Inovasi dan Andal.
    1. Solusi

      Cara atau jalan yang digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah secara objektif tanpa adanya tekanan. Pelayanan yang dapat memberikan solusi:

      1. Menginformasikan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah
      2. Menindaklanjuti dan memonitor penyelesaian masalah
      3. Menginformasikan hasil penyelesaian masalah
      4. Melakukan service recovery jika solusi tidak sesuai dengan harapan masyarakat
    2. Empati

      Keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Pelayanan yang berempati diantaranya:

      1. Ikut merasakan kesulitan dan perasaan orang lain
      2. Mampu mengendalikan emosi diri sendiri
      3. Peka terhadap bahasa tersirat
      4. Mengambil peran untuk bertindak
    3. Tegas

      Sikap yang berani dan percaya diri mengungkapkan apa yang benar dan apa yang salah secara jelas, nyata dan pasti (tidak samar-samar, tidak ragu-ragu). Pelayanan yang tegas:

      1. Membuat keputusan yang tepat atas dasar prosedur yang telah ada
      2. Bersikap jujur dalam menyampaikan kebenaran
      3. Bertanggung jawab dalam perkataan dan tindakan
      4. Percaya diri tinggi dalam menyampaikan informasi
    4. Inovasi

      Proses kreatif dalam pengalaman terhadap fakta di lapangan menjadi suatu gagasan, ide, metode atau alat yang dapat bernilai menjadi lebih baik. Pelayanan yang inovatif:

      1. Fokus pada masa depan
      2. Menyukai perubahan dan terus berupaya untuk melakukan perbaikan (improvement)
      3. Bukan hanya bicara namun mewujudkan dalam tindakan nyata
      4. Berani untuk mengambil resiko yang terukur dan bertanggung jawab atas hasil
    5. Andal

      Dapat dipercaya dan mampu memberikan hasil yang sama dari waktu ke waktu. Pelayanan yang andal:

      1. Memiliki integritas yang tinggi untuk melakukan hal yang benar
      2. Selalu mengembangkan diri untuk belajar dan bertumbuh
      3. Mampu menjalin hubungan baik
      4. Memiliki perilaku positif dan menjalankannya secara konsisten

MISI

Untuk menjabarkan visi tersebut, maka misi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah:

  1. Meningkatkan nilai investasi melalui promosi, penyempurnaan peraturan dan pengendalian pelaksanaan penanaman modal dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi;
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan perizinan melalui penciptaan inovasi layanan berbasis sistem teknologi informasi;
  3. Mengelola pengaduan masyarakat dengan berbasis quick response;
  4. Melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sesuai kompetensi;
  5. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan handal