Mendekatkan Layanan dan Memudahkan, PTSP Goes to Mall Diapresiasi
       

Tanggal : 17-Dec-2024

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta kembali memperkuat komitmennya dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat terkait urusan pemerintahan  bidang  penanaman  modal  dan pelayanan  perizinan/  nonperizinan. Komitmen tersebut salah satunya dibuktikan dengan menghadirkan kembali program PTSP Goes to Mall, di sejumlah pusat perbelanjaan (mall) di wilayah Jakarta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengungkapkan selain mendekatkan layanan kepada masyarakat, hadirnya PTSP Goes to Mall sekaligus menjawab tantangan dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada warga Jakarta.

“Bulan Oktober ini, PTSP Goes To Mall hadir secara masif di sejumlah pusat perbelanjaan atau mall di wilayah Jakarta, dan ini masih akan terus berlanjut di berbagai ruang publik lainnya sebagai solusi bagi warga Jakarta yang sibuk atau tidak memiliki waktu luang, sehingga mereka terkadang sulit untuk datang ke kantor service point UP PMPTSP untuk berkonsultasi maupun mengurus perizinan/ nonperizinan di Jakarta” ungkap Benni dalam keterangan tertulisnya, Minggu (06/10/2024).

Ia mengatakan, pelayanan publik yang prima merupakan Kebutuhan Dasar dan Hak Sipil setiap Warga Negara yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara pelayanan publik.

PTSP Goes To Mall akan hadir di 10 pusat perbelanjaan, yang tersebar di sejumlah wilayah di Jakarta. Sebagaimana arahan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono, bahwa pelayanan publik itu harus berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Untuk itu, kami terus berusaha menjangkau lebih banyak warga yang merasakan kemudahan layanan perizinan/ nonperizinan di Jakarta,” jelas Benni.

Ia menyebut, melalui PTSP Goes to Mall, masyarakat maupun pelaku usaha dapat berkonsultasi dan mengurus berbagai dokumen perizinan/ nonperizinan, mulai dari Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Praktik (SIP), Perizinan Bangunan Gedung dan perizinan/nonperizinan lainnya.

“Agar warga lebih mudah dalam mengurus berbagai perizinan. Selain itu, kami juga memiliki inovasi Layanan Jasa Desain Gambar Teknik Perizinan dan Nonperizinan, Gratis. Bagi warga Jakarta yang mungkin akan melakukan kegiatan membangun atau merenovasi rumah, dan memerlukan desain bangunan, bisa kami bantu juga di sini,” ungkap Benni

Benni pun berharap program PTSP Goes To Mall dapat membuka kembali ruang- ruang kolaborasi dan sinergitas antara lembaga-lembaga, baik di dalam maupun di luar birokrasi pemerintahan seperti sektor swasta (private sector) dan masyarakat sipil (civil society).

"Dengan begitu, akan lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang lahir, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan publik di Jakarta," imbuh Benni.

Permudah Pelaku Usaha dan Pemilik Tenant

General Manager Operation AEON Mall Jakarta Garden City, Michael Ignacius Frengky Rambi mengaku sangat mengapresiasi inovasi layanan yang dilakukan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, kehadiran booth layanan DPMPTSP di ruang publik ini sangat mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan. 

“ini merupakan kesempatan yang bagus untuk masyarakat yang ada di sekitar ataupun yang menjadi pelanggan setia AEON Mall Jakarta Garden City. PTSP Goes To Mall menghadirkan  layanan perizinan/nonperizinan  yang  makin  memudahkan masyarakat,” ungkap Michael saat ditemui di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (06/10/2024).

Tidak hanya memudahkan masyarakat, Michael menilai program PTSP Goes To Mall juga sangat membantu para pelaku usaha tak terkecuali tenant-tenant yang ada di AEON Mall Jakarta Garden City, dalam mengurus berbagai perizinan yang dibutuhkan.

“Termasuk dengan tenant-tenant juga ya, jadi ini kesempatan bagus juga, karena seperti yang kita ketahui di mall itu kan selain tenant-tenant yang skala nasional kita juga punya tenant-tenant yang sifatnya seperti UMKM, nah ini memberikan kemudahan untuk mereka agar mereka bisa lebih mudah dalam pengurusan izin usaha yang dibutuhkan,” imbuh Michael.

Senada dengan Michael, Head of Operation Summarecon Mall Kelapa Gading, Muhammad Agung Nugraha  menilai  inovasi layanan yang dihadirkan  DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta ini secara aktual dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Jadi ini langkah baik untuk mendekatkan layanan dari DPMPTSP kepada masyarakat khususnya di Kelapa Gading,” ungkap Agung saat ditemui di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (04/10/2024).

Agung pun mengimbau masyarakat khususnya pengunjung Mall Kelapa Gading agar dapat memanfaatkan layanan PTSP Goes to Mall untuk mengurus berbagai perizinan yang dibutuhkan.

“Dengan pelayanan PTSP Goes To Mall, Kami mengajak masyarakat DKI Jakarta dapat mengurus izin sendiri tanpa menggunakan pihak ketiga, karena di Jakarta urus izin sendiri itu mudah,” pungkas Agung.

Selama bulan Oktober 2024, selain di AEON Mall Jakarta Garden City dan Summarecon Mall Kelapa Gading, PTSP Goes to Mall juga akan dilaksanakan di Plaza Indonesia, Senayan City, Kota Kasablanka, Gandaria City, Pluit Village dan lain sebagainya.  Adapun  tempat  dan  jadwal  kegiatan  dapat  dilihat  di  media  sosial @layananjakarta.

Melalui PTSP Goes to Mall, masyarakat maupun pelaku usaha dapat melakukan konsultasi terkait urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan/nonperizinan di wilayah Jakarta. Tidak hanya itu, para petugas DPMPTSP Provinsi DKI juga siap melakukan pendampingan atau asistensi pengurusan langsung perizinan/nonperizinan, mulai dari tahap permohonan, pengajuan online sampai dengan izin/nonizin diterbitkan atau end to end process.



Artikel Lainnya

Gambar Berita 1
Inovasi Gerai Memulai Usaha Sukses Hantarkan Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan Pembangunan Daerah 2024
Read more..
Gambar Berita 1
Ibu Kota Pindah, Jakarta Tetap Menjadi Tulang Punggung Perekonomian Indonesia
Read more..
Gambar Berita 1
JIF Talks: Akselerasi Investasi Ekonomi dan Keuangan Digital di Jakarta
Read more..
Gambar Berita 1
Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta
Read more..
Gambar Berita 1
Tumbuhkan Karakter Bangsa Membangun Generasi Unggul Untuk Indonesia
Read more..
Gambar Berita 1
DPMPTSP DKI Jakarta Tegaskan Komitmen Pelayanan Publik Prima Melalui Komunikasi Efektif
Read more..