Ukir Sejarah, Pemprov DKI Jakarta Kembali Raih Juara Umum Public Relations Indonesia Awards 2024
       

Tanggal : 13-Aug-2024

Bali – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mencatatkan sejarah gemilang dalam ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024. Pada gelaran kompetisi kinerja komunikasi/ kehumasan paling komprehensif di Indonesia itu, Pemprov DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai Pemenang Platinum Awards atau Juara Umum untuk keempat kalinya.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, mengatakan capaian tersebut tak terlepas dari konsistensi Pemprov DKI Jakarta membangun komunikasi yang strategis, efektif, dan berkelanjutan, guna menyampaikan berbagai informasi, program, kebijakan, serta capaian kinerja pemerintah kepada masyarakat.

“Alhamdulillah sejak mengikuti kompetisi ini, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tidak pernah absen mendapatkan penghargaan di sejumlah kategori, dan tahun ini kami berhasil meraih 5 penghargaan sekaligus, termasuk Platinum Awards atau Juara Umum,” ungkap Benni, lewat keterangan tertulisnya, Jumat (08/03/2024).

Benni  menegaskan, capaian  tersebut  tidak  terlepas  dari  arahan  dan  komitmen  Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang senantiasa menjadikan komunikasi sebagai kunci bagi Pemprov DKI Jakarta, dalam memelihara serta meningkatkan kepercayaan publik.

“Sesuai arahan dan komitmen Pj. Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono, pengelolaan komunikasi yang efektif menjadi kunci kesuksesan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadirkan pelayanan publik yang prima bagi warga Jakarta. Program komunikasi masyarakat terpadu dan terintegrasi melalui pendekatan kehumasan menjadi sangat penting untuk dilakukan, yakni sebagai `jembatan` antara instansi dengan publiknya,” jelas Benni.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk terus melakukan berbagai inovasi, guna memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Benni menyebut, pihaknya juga akan terus memastikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dilakukan secara profesional, efektif, efisien, transparan, adaptif dan berkelanjutan.

“Tentunya pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di 316 service point UP PMPTSP yang tersebar di kantor Kelurahan, Kecamatan, Kota/ Kabupaten Administrasi dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

 

Lima Penghargaan Sekaligus

Ketua Subkelompok Urusan Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi, mengungkapkan total 5 (lima) penghargaan yang berhasil diraih oleh Pemprov DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

“Berdasarkan hasil seleksi dan penilaian yang komprehensif, tahun ini kami meraih total
5  penghargaan  dalam  PRIA  2024”  ujar  pria yang  telah  meraih  penghargaan  Best Presenter PRIA empat tahun berturut-turut sekaligus Duta Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas) itu.

  1. Rinaldi pun merinci lima penghargaan yang diraih Pemprov DKI Jakarta dari beberapa kategori, sebagai berikut:
    Platinum Awards (Juara Umum) PRIA 2024 Kategori Pemerintah Daerah
  2. Departemen PR Kategori Pemerintah Daerah - Kinerja Penyuluhan / Komunikasi
    Masyarakat DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta
  3. Program  PR  -  Subkategori  Digital  PR:  Mal  Pelayanan  Publik  Mendongeng
    “Kuatkan Makna Izin, Bangun Karakter Bangsa”
  4. Program PR - Subkategori Government PR: PTSP Goes to Mall "Perkuat Sinergi,
    Menuju Global City”
  5. Program PR - Subkategori Government PR: Program Rabu Belajar “Beri Inspirasi
    Bangun Jakarta, Majukan Indonesia."

     

Komunikasi yang Menginspirasi Peradaban

Public Relations Indonesia Awards (PRIA) Tahun 2024 mengusung tema sentral yakni “Komunikasi yang Menginspirasi Peradaban." Founder & CEO PR Indonesia Group sekaligus Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asmono Wikan, mengatakan lebih dari sekadar slogan, tema ini sekaligus menjadi refleksi bagi para praktisi komunikasi di tengah era disrupsi dan kompleksitas zaman. Kondisi yang mendorong PR untuk mampu melampaui taktik jangka pendek dan berkontribusi dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

“Di era yang semakin Kompleks seperti sekarang komunikasi mampu menjadi penjernih situasi sekaligus mengamplifikasi organisasi atau korporasi serta publik untuk mencapai tujuan kehidupan yang lebih baik, itulah sebabnya komunikasi menjadi relevan bagi peradaban kita, baik buruknya peradaban sebuah bangsa antara lain dipengaruhi oleh atau dikontribusi oleh komunikasi,” jelas Asmono.

Asmono menyebut, PRIA 2024 bukan hanya tentang penghargaan, tapi juga kolaborasi, edukasi, dan inspirasi. Ia pun berharap ajang ini dapat menjadi wadah bagi para praktisi PR untuk bertukar ide, meningkatkan kemampuan, dan bersama-sama membangun peradaban yang lebih baik melalui kekuatan komunikasi.

“Tahun ini, tercatat ada 699 entri yang masuk ke meja panitia, dari 219 instansi baik korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah,” ungkap Asmono.

Karya-karya tersebut terentang dalam berbagai kategori, seperti Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Program PR, Departemen PR, dan Komunikasi CSR.

Penjurian  PRIA  2024  dilaksanakan  secara  hibrida dengan  melibatkan 16  juri  yang kompeten, mulai dari kalangan praktisi PR senior, jurnalis terkemuka, akademisi, hingga PR Guru.

Pemprov DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta bersama tujuh institusi lainnya, terpilih sebagai peraih Platinum Awards dari 8 sektor berbeda yaitu DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, PT Pertamina (Persero), PT Wijaya Karya Beton Tbk, PT MRT Jakarta (Perseroda), dan IPB University.
 

.

Artikel Lainnya

Gambar Berita 1
Inovasi Gerai Memulai Usaha Sukses Hantarkan Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan Pembangunan Daerah 2024
Read more..
Gambar Berita 1
Ibu Kota Pindah, Jakarta Tetap Menjadi Tulang Punggung Perekonomian Indonesia
Read more..
Gambar Berita 1
Mewujudkan Jakarta Sebagai Kota Global Melalui Investasi Berkelanjutan
Read more..
Gambar Berita 1
JIF Talks: Akselerasi Investasi Ekonomi dan Keuangan Digital di Jakarta
Read more..
Gambar Berita 1
Pemerintah Azerbaijan Apresiasi Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta
Read more..
Gambar Berita 1
Tumbuhkan Karakter Bangsa Membangun Generasi Unggul Untuk Indonesia
Read more..